Efek Makan Pedas Saat Sariawan, Apakah Berbahaya?

By | September 17, 2018

Apakah efek makan pedas saat sariawan bisa memperlama proses penyembuhannya? Soalnya, saya suka banget makan pedas.

Pertanyaan itulah yang kira-kira sering ditemui. Tidak heran jika mengingat banyaknya penggemar makanan pedas. Jadi, ketika sariawan, hal inilah yang pertama muncul.

Namun, benarkah mengonsumsi makanan pedas dapat memperburuk sariawan dan memperlama proses penyembuhannya? Mari kita cari tahu.

Efek Makan Pedas Saat Sariawan

Banyak sekali yang mengatakan jika mengonsumsi makanan pedas akan memperlama proses penyembuhan sariawan. Hal ini tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah.

Efek Makan Pedas Saat Sariawan

Kenapa? Karena, mengonsumsi makanan pedas akan memberikan rasa tidak nyaman akibat perih yang muncul dari luka sariawan. Tidak hanya itu, ketika memakan makanan pedas pun, luka sariawan akan terasa terbakar.

Kendati demikian, beberapa kandungan di dalam cabai yang menjadi sumber utama rasa pedas pada makanan dipercaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan sariawan.

Perlu Anda tahu, selain mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan, di dalam cabai juga terdapat kandungan lain, seperti: capsaicin, beberapa jenis mineral, serat, dan lemak.

Rasa pedas dari makanan umumnya di dapat dari menambahkan cabai pada makanan tersebut. Nah, jika Anda bertanya apa efek makan pedas saat sariawan berbahaya, jawabannya tidak.

Asalkan Anda mengonsumsi makanan pedas ini dalam batas yang wajar. Tidak terlalu sering dan bukan makanan dengan batas kepedasan tidak wajar.

Tips Mengatasi Sariawan

Pengobatan tentu harus diberikan untuk membantu menyembuhkan sariawan yang Anda alami. Nah, di samping itu, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi sariawan Anda.

Beberapa kebiasaan yang dapat meringankan sariawan ini diantaranya:

  • Menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari, pagi dan sebelum tidur
  • Memperbanyak asupan buah dan sayur
  • Batasi atau hindari makanan berlemak
  • Berhenti merokok
  • Menghindari mengonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu panas
  • Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C

Jika dengan melakukan tips di atas sariawan Anda tidak kunjung sembuh atau membaik, Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan, sariawan tersebut tanda dari penyakit lain yang lebih parah, termasuk tanda kanker mulut.

Untuk mengatasi sariawan berkepanjangan secara alami, Anda bisa menggunakan bantuan QnC Jelly Gamat yang dibuat dari teripang atau gamat emas sebagai komposisi utamanya.

Khasiat lebih lengkapnya, silakan kunjungi :
Pengobatan Sariawan Berkepanjangan

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Meskipun efek makan pedas saat sariawan tidak berbahaya, Anda tetap harus membatasinya.

Terima kasih sudah menyimak sampai akhir. Semoga bisa membantu penyembuhan sariawan Anda. Semoga lekas sembuh, ya 🙂

Efek Makan Pedas Saat Sariawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *