Gejala Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui dan Waspadai

By | March 6, 2017

Gejala Penyakit Lupus – Sangat penting sekali bagi Anda mengetahui, mengenal, dan mewaspadai tanda serta gejala penyakit lupus. Dengan demikian, tindakan sedini mungkin dapat diberikan untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

Pentingnya Mengetahui Gejala Penyakit Lupus

Gejala Penyakit Lupus

Butterfly Rash

Penyakit lupus sendiri adalah salah satu penyakit gangguan autoimune berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan mempengaruhi banyak sistem tubuh, sebut saja seperti kulit, persendian, sel darah, bahkan sampai organ tubuh.

Karena itu, sangat penting sekali untuk Anda mengetahui apa saja yang menjadi gejala penyakit lupus. Dengan begitu, saat Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala yang menjadi indikasi penyakit lupus, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan sedini mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Di sini saya sudah merangkum gejala penyakit lupus dari berbagai sumber kesehatan terpercaya, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Inilah Gejala Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui dan Waspadai Kehadirannya

Penyakit lupus memiliki gejala utama dan gejala umum yang hampir mirip dengan gejala penyakit lainnya. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit lupus yang harus Anda waspadai, seperti:

Gejala Utama

  1. Muncul ruam pada bagian wajah yang membentuk seperti sayap kupu-kupu. Kondisi ini dikenal sebagai butterfly rash.
  2. Ruam juga bisa muncul pada bagian tangan dan pergelangan tangan. Ruam akibat penyakit lupus dapat membekas secara permanen dan bertambah parah jika terpapar sinar matahari (Discoid Rash)
  3. Nyeri pada persendian. Rasa nyeri ini lebih sering muncul pada sendi kaki dan sendi tangan
  4. Kelelahan yang hebat. Penderita lupus akan merasa kelelahan yang ekstrim saat melakukan aktivitas fisik, bahkan yang ringan sekalipun. Rasa lelah ini juga bisa muncul walaupun penderita sudah cukup istirahat.

Gejala lain yang bisa menyertai penyakit lupus

  • Demam tinggi yang bisa mencapai suhu 38ºC atau lebih
  • Sariawan yang terus muncul, baik pada bibir maupun lidah
  • Kerontokan rambut
  • Sakit kepala
  • Sakit dada
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Tekanan darah tinggi
  • Jari-jari tangan dan kaki yang memutih atau membiru jika terpapar hawa dingin atau karena stres (fenomena Raynaud)
  • Napas pendek akibat inflamasi paru-paru (pleuritis)
  • Anemia
  • Mata kering
  • Tubuh menyimpan cairan berlebihan sehingga terjadi gejala seperti pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Penderita lupus juga bisa mengalami hilang ingatan.

Jika Anda mendapati 4 gejala penyait lupus di atas, terlebih gejala utamanya, pemeriksaan harus segera dilakukan untuk memastikan apakah Anda positif menderita lupus.

Saat diagnosis menyatakan Anda positif menderita lupus, sebaiknya pengobatan segera dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih buruk. Dan pastikan Anda untuk menjauhi pantangan makanan penyakit lupus.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar solusi alternatif untuk mengobati penyakit lupus secara alami tanpa efek samping dengan hasil yang efektif, silakan kunjungi artikel berikut » Cara Mengobati Lupus Secara Alami

Demikian informasi mengenai gejala penyakit lupus yang bisa kami share di sini. Semoga artikel kesehatan di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Terima kasih sudah menyimak. Semoga lekas sembuh

_salam sehat_

Gejala Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui dan Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *